Kesalahan Fatal Jika Menilai Biaya Warna Baru Pesawat Kepresidenan RI Terlalu Mahal.

 


Banyak yang bertentangan dengan warna si merah putih ini, Terutama masalah Biaya nya.

Kalo menurut saya sih Wajar aja sampai memakan biaya sebesar itu, Karena itu pesawat bukan Motor atau mobil.

Saya seorang mekanik motor yang suka dengan mewarnai, Walau memiliki jurusan yang berbeda, tetapi kalau ada konsumen meminta saya melakukan pengecatan, Saya akan kerjakan dan itu saya patok harga 1JT untuk Body nya saja, jika sama Batang/rangka serta blok mesin nya mungkin sampai 1,5-2Jt dan itu hanya warna polos, beda lagi jika si konsumen meminta Air brush, pastinya akan di sesuaikan dengan kerumitan nya.

Nah, Itu untuk motor saja.

Saya punya banyak relasi bagian pengecatan, Mulai dari Motor, Mobil, sampai ke kapal.

Saya pernah tanya satu unit Mobil mini bus itu memakan berapa sih biaya nya??

Si relasi menjawab Minimal 10 Juta rupiah, Itu minimal, bisa saya lebih jika di sesuai kan dengan kualitas Cat serta motif yang di minta konsumen.

saya tanya untuk mobil Dump Truk berapa??

Minimal 25 JT dan ini juga sama, tergantung kualitas dan motif yang di minta konsumen.

Nah, Saya tanya lagi nih, Karena saya memang bukan bagian pengecatan jadi sebagai junior harus banyak tanya dong, Yakan.

Saya tanya, APA YANG MEMBUAT BIAYA PENGECATAN SAMPAI SEMAHAL ITU?

Kalian tau apa jawaban nya?

Yaitu Jasa, Ilmu Dan Kualitas Menjadi Penentuan

Dalam proses pengecatan ulang itu ada yang di nama kan PENGAMPLASAN. Yaitu, Dimana Cat-cat lama yang masih menempel di bagian wadah harus di hilangkan terlebih dahulu sampai bersih hingga tidak ada sedikit pun cat lama yang tersisa.

Untuk hal seperti ini, Tukang cat biasa nya memiliki 2 Cara untuk mengelupas cat lama tersebut, yaitu.

1. Amplas

Melakukan pengamplasan pada mobil atau pun motor memang sering di lakukan oleh tukang cat dan ini sudah menjadi hal yang sangat sering di lakukan tukang cat untuk menghilang kan cat yang masih menempel, Ya kalo motor atau mobil sih biasa nya pakai tangan juga bisa dan masih banyak menggunakan tangan, Pakai alat khusus sih juga banyak, Tapi biasanya sih saya lihat di tempat pengecatan yang sudah di atas level menengah ke atas ya.

2. Cairan Keras.

Kalo cairan keras sih hanya bisa di lakukan pada wadah yang berbahan besi aja ya, Hal ini untuk menghilang kan cat yang masih menempel di wadah tersebut.

Nah.. Jika itu motor atau mobil, Tentu masih bisa di jangkau dengan tangan dong ya tanpa alat bantu untuk mengangkat kita pada posisi yang kita ingin kan, Bagaimana jika itu pesawat?? 

Tentu membutuhkan alat lagi dong ya, Gak bakalan terjangkau itu badan pesawat kalau gak pakai alat bantu, Atau kita panggil Spiderman saja?? 

Biar bisa pindah sana pindah sini dengan mudah Yakan dan jangan lupa, walau pun kamu melakukan pengelupasan cat lama menggunakan cairan keras Metode pengamplasan juga harus di lakukan, Karena agar wadah nya rata dan halus, Sehingga tidak memiliki sedikit pori-pori,  Jika tidak di amplas Cat gak akan Bagus atau mungkin gak mau merekat ke wadah nya.

Biasanya pekerjaan ini lah yang paling rumit dan membosan kan saat melakukan pengecatan ulang, Mau itu motor atau pun mobil. Udah rumit, Bosan, banyaj tantangan nya lagi, Udah kaya mendaki gunung everest aja Yakan, haha.

Setelah semua sudah di lepas cat yang lamanya sekaligus sudah di amplas sampai halus, Biasa nya kita melakukan pengecekan tuh untuk melihat apakah ada bagian-bagian yang peot/penyok, jika ada biasa kita melakukn pendempulan lalu di amplas lagi hingga rata dengan sisi lain nya.

Lalu, Jika pengamplasan, pengelupasan cat lama dan pendempulan sudah di lakukan dengan baik, Selanjut nya ada yang di nama kan PENDASARAN atau biasa kita menyebut nya Cat Dasar.

Ini sih lebih ke penutupan pori-pori kecil yang ada di wadah ya, Sekali gus untuk memadukan warna yang akan jadi finishing nya nanti, Biasanya sih cukup tipis aja sih, tidak perlu tebal, Kan guna nya hanya menutup pori-pori yang ada dan pemaduan warna yang akan di pakai.

Eh..Tapi jangan lupa, Beda warna cat pinishing beda warna cat dasar nya ya.

Misalnya kamu mau warna hitam nih, Jadi dasar nya harus putih, Agar warna yang di hasil kan lebih maksimal atau kamu mau warna merah warna cat dasar nya biasnya  ke warna gold atau emas. Tapi tergantung tukang dan pemilik nya juga sih, Kan warna ada tiga Type, Muda, cerah dan tua, Ya jadi menurut saya lebih mengarah ke permintaan si konsumen dan si tuknag cat pasti nya sudah memahami nya.

Setelah di cat dasar juga harus di amplas lagi tuh dengan amplas yang sangat halus, Ini berguna untuk pemerataan cat dasar tersebut , Agar lebih rapi hasil nya.

Lalu, Setelah itu baru melakukan pengecatan warna yang sebenar nya, dalam melakukan pengecatan yang ini biasa nya tidak semua orang yang ada di dalam usaha cat tersebut bisa, karena harus benar-benar mengetahui jarak serta alat yang di gunakan, Jadi si kang cat udah satu jiwa nih sama Spray Gun nya, Karena jika tidak hasil nya gak akan memuas kan, Karena bakalan ada tuh yang tebal sendiri atau tidak rata.

Di USA Pekerjaan ini harus memiliki sertifikat dulu baru bisa kerja di bidang ini, kalau tidak Kamu gak akan di terima bekerja di bidang tersebut.

Biasanya juga dalam melakukan pengecatan ini di lakukan dalam beberapa kali, Jadi jika cat pertama sudah mengering lalu di cat lagi, Setelah di di cat dan sudah mengering, Mau itu pengeringan di gunakan menggunakan OVEN atau di sinari matahari secara langsung Jangan lupa untuk melakukan pemolisan, Ini tujuan nyabaga warna yang di miliki cat lebih maksimal, biasanya sih aja cairan Polish nya kusus.

Setelah pengecata dan pemolesan di lakukan Dan Finishing nya nih, Yaitu Clear. Melakukan pengecatan clear juga sama hal nya dengan pengecatan cat warna yang saya sebut di atas, Tidak sembarangan tukang yang mengerjakan, Karena membutuh kan ilmu khusus dalam menggunakan Spray Gun, Kalau tidak Bakalan meleleh tuh cat clear nya. Pengecatan clear juga biasanya di lakukan berulang kali, Agar hasil nya lebih maksimal dan cerah.

Oh Iya, saya hampir lupa.

Cat Clear itu berguna untuk melindungi warna cat agar tetap cerah merona ya.

Setelah clear kering, Maka kaan di lakukan pemolesan lagi nih biar warna jauh lebih terpancar kan dan lebih cerah.

Cengkunek ku kali ini panjang kali Yakan, Udah kek pidato aja, hahha...

 Jadi, kesimpulan nya iyalah, Dalam melakukan pengecatan itu membutuh kan beberapa Urutan pekerjaan, Yaitu.

1. Pengelupasan cat lama

2. Pengamplasan

3. Pengecatan Cat Dasar

4. Pengamplasan

5. Pengecatan Cat Warna Wadah

6. Pemolesan

7. Pengecatan Cat Clear

8. Pemolesan

Untuk melakukan hal ini pada mobil atau pun motor, tentu kita bisa menjangkau nya hanya menggunakan tangan saja, Misalnya pengecatan, Pengamplasan dan lain nya, Pasti sangat mudah untuk menjangkau nya.

Lantas, Bagaimana dengan Pesawat KEPRRSIDENAN ??

Iya kali  tukang Cat nya manjat ke badan pesawat bagian atas, Ngelawak itu namanya Yakan.

Jadi Tukang Amplasnya mau mengamplas nih bagian sayap pesawat, Jadi manjat tuh tukang nya pakai tangga, Trus tangga nya di ambil teman nya yang lain, Mampus tuh tukang amplas gabisa turun, Hahhaa.. Mau lompat tinggi, Gak lompat di tinggal, Serba salah kan, Hehhehe...

Jadi pastinya ada alat bantu yang di butuh kan agar di bagian yang gak bisa di jangkau dengan mudah bisa terjangkau dengan gampang, Nah.. Mengamplas nya juga Gak mungkin kan pakai tangan, Bisa-bisa tukang nya bisa sampe satu batalion tuh kalo sempat ngamplas nya pakai tangan, Mungkin tahun depan pun belum selesai mengamplas nya kalo sempat menggosok amplas nya pakai tangan, Pastinya butuh alat khusus dong agar pengerjaan nya bisa cepat dan mudah.

Lalu pengecatan nya juga gak mungkin kan si tukang manjat dan memijak si pesawat agar bisa naik ke bagian atas pesawat, Keburu rusak tuh cat dasar kalo sempat si tukan manjat dan memijak pesawat saat ingin mengecat, Pasti nya butuh alat juga kan.

Nah...

Saya rasa sudah pada nalar nih kalian semua, Makanya biaya pengecatan itu mahal, Yaitu karena Jasa dan Kualitas yang di berikan Bisa di pertanggung jawab kan.

Jadi, kalo biaya pengecata PESAWAT KEPRESIDENAN 2 Miliar Rupiah sih menurut saya Masih bisa di maklumi, Karena di sana Ada kualitas Cat yang terdiri dari Cat dasar, Cat warna hingga cat Clear, Lalu ada juga Jasa nya, yang di mana desainer nya juga memiliki gelar tinggi serta jasa si tukang yang sudah memiliki jam terbng serta pengalaman yang cukup, Setelah itu Lebih ke inti nya sih si perusahaan yang mengambil Proyek, Soalnya semakin terkenal sebuah perusahaan maka semakin mahal juga jasa nya. Di kehidupn sehari-hari juga secara tidak langsung kita dapat menyadari hal itu terjadi, misal nya nih, Kamu beli Es Teh Manis Di warung pinggir jalan, Mungkin harga nya Palingan Gocengan doang, coba beli di restoran atau di Cafe-cafe, Berubah itu harga jadi lebih mahal, Bisa-bisa Nama Es Teh manis Berubah juga tuh jadi Teh Obeng ( Sebutan Teh manis BATAM )

Jadi, Ada baik nya kita melihat nyata nya terlebih dahulu sebelum mempertanyakan nya sebelum kita malu, Mungkin untuk masalah pengecatan PESAWAT KEPRESIDENAN RI Yang mencapai 2 Miliar Rupiah dapat di pertanyakan masalah penggunaan dana nya, Apa tidak lebih baik dana nya di salurkan ke penanganan virus saat ini atau mungkin bisa jadi cicilan hutang luar negri kita atau mungkin bisa di salurkan ke Penanganan Daerah-daerah Pedesaan di kalimantan yang belum memiliki Aliran listrik serta Jaringan Internet. Ada banyak tuh desa-desa di pedalaman kalimantan yang belum di alirin listrik, Air bersih Serta Jaringan Telepon dan Jaringan internet, Banyak banget malahan.

Jadi, Di Cengkunek ku ini sebenarnya aku tidak memihak ke pemerintah atau pun masyarakat yang merasa keberatan tentang masalah Warna Baru Pesawat Kepresidenn ini, Tapi yang ingin saya sampai kan kepada Pejabat Instana Negara BAPAK Ali Mochtar Ngabali, Bapak jangan mempertanyakan "Biaya pengecatan pesawat kepresidenan 2M, Masalah nya dimana?"

DI PENGGUNAAN DANA NYA PAK, NEGARA KITA DAN BAHKAN SELURUH DUNIA SEDANG MENGALAMI KESUSAHAN, APA TIDAK LEBIH BAIK DANA 2M NYA DI GUNAKAN KE YANG LAIN DULU?? MASALAH PENGECATAN PESAWAT GAMPANG DAH, NANTI VIRUS UDAH HABIS BISA DI LAKUKAN. KAN BISA DANA NYA DI ALIRKAN KE SESUATU YANG LEBIH BERMNFAAT, LIHAT TUH DAERAH-DAERAH TERPENCIL SERTA DAERAH-DAERAH PEDALAMAN DI KALIMANTAN, SUMATRA DAN LAIN NYA. MASIH BANYAK DAERAH KITA YANG BELUM DI JANGKAU JARINGAN INTERNET, MASIH BANYAK DAERAH KITA YANG BELUM DI ALIRIN LISTRIK DAN MASIH BANYAK DAERAH KITA YANG TIDAK MEMILIKI AIR BERSIH, TERUTAMA DI KALIMANTAN, KHUSUS NYA KABUPATEN MAHAKAM ULU, AIR DI SANA DARI SUNGAI MAHAKAM YANG DI MANA WARNA AIR NYA COKLAT DAN SATU LAGI PAK, KENTALIN DIKIT LAGI KOPI BAPAK.

Ini Cengkunek Ku !!!