Jaringan Dan Listrik Gak Ada Di Pelosok Kalimantan

 


Di era pemerintahan sekarang presiden kita selalu mengatakan kerja dengan transparan, Yang berarti kelihatan bekerja dalam bidang pemerintahan di negara Indonesia ini, Mau itu Presiden, Mentir, DPR, Bupati, Gubernur, Kepala desa, Polri, TNI dan bahkan Satpol PP pun harus transparan. Sebelum pak Jokowi menjabat sebagai presiden pun sebenar nya udah transparan tapi tunggu masuk berita atau pun koran karena kasus korupsi, Hahahah.

Oke, Serius kita, Hahah...

Di era pak Jokowi yang mengatakan harus transparan ini memang mengalami dampak buruk bagi pejabat pemerintahan yang malas bekerja, Karena dengan ini masyarakat akan langsung melihat dan menilai pejabat tersebut gak kerja tapi dapat gaji, Halhasil di demo lah yakan, Apalagi kalo dah masuk mahasiswa, Selesai lah klen, Mau itu pejabat apa pun kalo dah masuk golongan ini, Selesai lah klen.

Tapi ada juga nih pejabat yang sebenar nya pekerja yang gigih, Memiliki ilmu yang kuat tapi gak mau memikirkan kerjaan nya meski pun di bidang yang sangat prioritas, Gatau juga kenapa, Malui kena virus malas kek nya dia, Soalnya kalo kita lihat dia bisa menjabat sebagai pejabat di sebuah provinsi, Kan berarti dia orang pintar dan pekerja keras ( menurut masyarakat nya )

Jadi, Kek gini. Di Kalimantan itu masih banyak daerah yang gak bisa di jangkau dengan mudah dan bahkan ada juga daerah tertentu yang harus melewati sungai besar atau pun anak sungai yang kecil, Kalau pun ada jalan ke pelosok itu palingan jalan nya Hancur-cancuran, Bahkan mungkin anak Trail yang sering trabas pun bakalan miring pinggang nya sepulang dari sini, Karena jalan nya gak layak pakai gitu, Tapi sekarang memang lagi dalam proses perbaikan, Kemaren kami tanyak sama salah satu pekerja nya lagi dalam proses Pengerasan, Jadi masih membutuh kan beberapa waktu lagi biar menjalani beberapa tahap proses biar bisa kek jalan manusia lah.

Nah, Selain jalan yakan, Ternyata listrik pun gak ada dan setelah di cek hp Jaringan pun Gadak, Kek mana bisa bertahan hidup kalau listrik dan jaringan pun gak ada coba, Di tambah lagi Gadak air bersih nya, Yatuhan, Parah kali ah. Ngeri aku, Sumpah.

Bayangin Gadak listrik, Jaringan dan air bersih, Tamat lah hidup, Apalagi kek aku yang biasanya hidup di temani internet tiba-tiba berada di sini dengan kondisi seperti ini, Pusing pak, Pusing. Setelah kami jalan-jalan sambil mengumpulkan data yang kami butuh kan, Lalu kami berbaur lah sama warga setempat, Sebenar nya sih ada listrik disini tapi milik sendiri, Jadi mereka membeli semacam mesin penggerak gitu serta dinamo nya, Ya dari situ lah aliran listrik nya, Jaringan nya juga sebenar nya ada tapi di tempat tertentu gitu, Jadi ada satu tempat di dataran tinggi gitu gak jauh dari pemukiman warga yang ada jaringan nya, Jadi tempat itu lah tempat tongkrongan anak-anak muda hingga orang tua agar bisa berselancar di internet dan itu pun lebih sering padam jaringan nya dari pada ada, Dalam sehari bisa cuma sejam ada jaringan setelah itu Gadak lagi sampe besok, Miris kali lah pokok nya, pen nangis aku.

Tapi paling miris nya ialah Air bersih nya men, Sumpah, Kalau kamu berasal dari kota yang menikmati permandian mu dengan air yang bersih dari PDAM walau pun itu hasil saringan atau dari mana pun itu air nya yang penting kamar mandi mu air nya bening dan bersih, Tapi kalo di beberapa daerah pelosok pedalaman Kalimantan sungguh mengerikan kalo menurut ku.

Jadi disini itu ada sungai besar yang di sebut sungai MAHAKAM, Lalu di tepi-tepi sungai tersebut di huni oleh warga setempat, Kalo menurut warga disini sih dari ujung sungai ini sampai ke Samarinda ada pemukiman warna walau pun sedikit berjauhan tetapi kebutuhan warga masalah air tetap kepada sungai Mahakam tersebut.

Mungkin kita semua sudah membayangkan nih, Kalau sungai ini menjadi salah satu kebutuhan bagi warga yang berdekatan dengan nya, Disitu Eek, mandi, Cuci pakaian, Cuci piring, Dari hulu sampai ke hilir melakukan hal yang sama.

Udah air berwarna coklat, tercampur eek dan lain nya dari hulu, Bayangin tuh gimana ceritanya di hilir, Mandi kuman yang ada.

Walau pun begitu untuk air minum memang sudah ada yang melakukan penyaringan agar jadi air jernih dan aku rasa belum SOP sih sebagai kesehatan.

Jadi, Buat Pejabat pemerintahan disana yang membaca ini terutama di kabupaten MAHAKAM ULU, Tolong lah di perhatikan kebutuhan masyarakat yang berada di pelosok nya, Mereka juga manusia yang butuh air bersih sebagai kebutuhan dahaga mereka, Mereka juga butuh aliran listrik PLN sebagai penerang mereka dan Mereka juga membutuh kan jaringan Internet/telepon sebagai penghilang stres mereka serta memberi pelajaran masalah modernisasi kepada anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa ini.

Jangan hambat ilmu mereka dengan cara tidak membekali mereka dengan internet, Dimana saat ini internet adalah senjata yang paling ampuh untuk mendapat kan ilmu dari segala ilmu.

Jangan hambat pengelihatan mereka dengan cara tidak membekali mereka aliran listrik, Ini adalah salah satu kebutuhan prioritas oleh manusia.

Dan satu lagi, Jangan hambat kesehatan mereka dengan tidak membekali air bersih kepada mereka, Mereka juga manusia yang harus sehat agar bisa menafkahi anak dan istrinya, Air bersih adalah kebutuhan pokok bagi umat manusia, Mau itu untuk di minum, Menanak nasi, Memasak sayur dan semua kebutuhan manusia di rumah selalu membutuh kan air bersih supaya sehat, Seperti itu lah kira-kira penjelasan dokter kepada saya saat mengidap penyakit kekurangan minum air putih.

Jadi, Ini lah cengkunek ku masalah daerah pedalaman di Kalimantan timur tepat nya di daerah pedalaman yang di naungi oleh pejabat pemerintahan MAHAKAM ULU, Mungkin di daerah pelosok lain mungkin masih banyak lagi, Tetapi saya hanya mendapat akses kesini saja, Jadi saya hanya menilai daerah ini saja melalui pandangan saya sebagai manusia biasa hidup dengan keadaan semua ada selagi uang ada.

Semoga bisa di baca sama pejabat pemerintahan dan langsung memantau daerah tersebut, Karena jika berlarut-larut mungkin Cengkunek ku ini bisa sampai ke orang nomor 1 di Indonesia ini dan anda pun akan merasa malu dan mungkin akan tersingkir, Bagi klen yang mau Share artikel ini biar cepat di baca oleh mereka kubpersilah kan dengan lapang dada dan bahkan kalo klen share ke presiden pun ku persilah kan, Gak ada larangan. Atau mungkin kamu ada cengkunek yang mau di sampai kan melalui www.cengkunekku.my.id silahkan kirim ke email kita yang sudah tersedia di Kolom kontak.

Cengkunek ku ini bukan untuk menyudut kan pemerintahan disana ya, Tetapi lebih ke pengalaman ku yang dimana aku bisa menetes kan air mata Jika membandingkan dengan kehidupan ku di Medan, aku bisa internetan tinggal beli kuota, Aku butuh listrik tinggal beli token listrik, Aku butuh air bersih tinggal bayar tagihan PDAM, Disana, Bahkan sebanyak apa pun uang mu beli kuota, Token listrik dan bayar PDAM Gak ada gunanya, Bahkan HP mu termahal di dunia sekali pun yang di penuhi kuota ribuan giga sama seperti HP Nokia ganjal mobil.

Mungkin klen banyak yang gak percaya, Jejalan lah sesekali kesana, banyak uang klen sebanyak mungkin dan ku pastikan itu berkurang untuk ongkos dan biaya makan mu saja, Beda ceritanya kalo menetap disini beberapa bulan, Ya kamu juga harus bayar tempat lah sama warga disini, Tapi kalo cuma beberapa hari aja sih banyak yang membuka pintu mereka untuk mempersilahkan kamu untuk tinggal.